Jumat, 30 November 2018 08:44

UKOS Selenggarakan Pekan Olahraga Mahasiswa Antar Jurusan Se-FIB Unand Tahun 2018

FIB - Acara pembuka pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Antar Jurusan se-FIB Unand yang diinisiasi oleh Unit Kegiatan Olahraga Sastra (UKOS) akhirnya terselenggara pada Rabu, 14 November 2018. Acara itu dua hari tertundaakibat terkendala cuaca karena awalnya direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 12 November, dan berakhir tanggal 18 November 2018.

Ada enam cabang olahraga utama dan dua cabang tambahan yang dipertandingkan. Keenam cabang  utama itu ialah basket, voli, sepak takraw, catur, futsal, dan tenis meja. Sementara itu, cabang tambahan ialah E-Sport, misalnya PES 2013, dan mobile legend.

Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan itu diselengarakan di tempat yang berbeda, seperti diLapangan Serba Guna FIB Unand untuk olahraga futsal, sepak takraw, dan basket putra/putri. Sedangkan cabang olahraga lain, seperti catur, dilaksanakan di Ruang Seminar FIB Unand; olahraga voli di Lapangan Voli Fakultas Peternakan; dan olahraga tenis meja di Lapangan Tenis Meja FISIB Unand.

Dalam perencanaannya, acara pertandingan olahraga itu sudah dipersiapkan dua bulan sebelum acara pembukaan dengan pembentukan panitia dua minggu sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) Genap 2018.

Perencanaan dan persiapan acara disiapkan sepenuhnya oleh UKOS beserta anggota pengurus dan juga anggota muda UKOS Unand. Acara ini diadakan bertujuan untuk menyalurkan bakat dan melihat bakat-bakan rekan-rekan mahasiwa Fakultas Ilmu Budaya Unand supaya kedepannya jika ada turnamen dan pertandingan UKOS FIB tidak sulit lagi mencari tim.

“Acara ini juga bertujuan agar muncul bibit-bibit unggul dan mahasiswa yang memiliki potensi yang akan mewakili Fakultas Ilmu Budaya dan juga menarik minatmahasiswa akan olahraga,” tutur Jefri Putra Perdana sebagai Ketua UKOS FIB Unand.

Pada dasarnya menurut Jefri Putra Perdana, pemilihan anggota UKOS FIB dengan pemilihan tim sangatlah berbeda.

“Perbedaannya terletak pada jika pemilihan anggota ialah semua orang yang telah mengikuti segala tata syarat untuk menjadi anggota. Sedangkan pemilihan tim ialah semua orang yang memiliki bakat untuk bermain, misalnya memiliki bakat bermain futsal tetapi tidak bisa ikut segala tentang keorganisasian. Dan juga sebagai wadah pengasah bakat mahasiswa dari bawah hingga berlanjut ke tingkat berikutnya,” ujarnya.

Penilaian pemenang yaitudengan pemilihan juara umum dengan menilaiHima jurusan mana yang memiliki medali emas terbanyak, dan itulah yang akan menjadi juara umum.

Adapun syarat untuk bisa mengikuti pertandingan ini ialah tim harus mendapat surat rekomendasi dari ketua HIMA/LMJ/HMJ/ESDA/NIGAKAI bersangkutan. “Jadi peserta lomba ialah peserta yang diutus oleh Himanya masing-masing dan setiap Hima memberikan laporan kepada UKOS FIB Unand,” kata Mukhairy Alhafiz, selaku Ketua Pelaksana pertandingan..

Hingga Rabu 21 November 2018, cabang olahraga yang telah selesai dipertandingkan baru dua cabang utama dan selebihnya masih berjalan. Hal itu disampaikan oleh Ketua UKOS saat ditemui di Sekretariat Organisasi pada Rabu itu juga.

Cabang utama olahraga voli yang telah dipertandingkan pada tanggal 14 November 2018 dengn hasil: Juara I untuk Hima Sejarah, Juara II untuk LMJ Sastra Minangkabau, dan Juara III untuk LMJ Sastra Minangkabau

Sementara itu satu cabang catur dengan hasil: Juara I untuk LMJ Sastra Minangkabau, Juara II untuk Hima sejarah, dan Juara III untuk ESDA Sastra Inggris.

Poin penting dari diselenggarakannya acara itukata Mukhairy Alhafizialah: Pertama, peserta pertandingan tetap bersikap damai dan bersahabat meskipun dilapangan mereka bersaing; Kedua, meningkatkan hubungan yang baik diantara mahasiwa Fakultas Ilmu Budaya Unand.

Reporter: Nur Fitriyah, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 46 times