Selasa, 04 Desember 2018 08:42

Mahasiswa Sastra Inggris FIB Ikuti Asia Youth International Modal United Nations di Thailand

Foto 1 : Cindy ketika presentasi mengenalkan negara Antigua and Barbuda

FIB - Cindy Bella Difia, mahasiswa Sastra Inggris FIB Unand, mengikuti Konferensi International Asia Youth International Modal United Nations (MUN)  di Thailand pada tanggal 1 sd. 10 November 2018.

Cindy Bella Difia menjadi satu-satunya perwakilan dari FIB Unand dalam rangka Asia Youth International Modal United Nations. Acara tersebut menggaet mahasiswa-mahasiswi terutama dari Asia, seperti Indonesia, Korea, Jepang, Korea, Qatar, dan bahkan India.

"Acara ini diikuti oleh banyak mahasiswa-mahasiswi dari negara-negara yang berbeda dari seluruh Asia. Kemudian, peserta yang mengikuti konferensi ini dibagi beberapa kelompok. Kebetulan saya mendapatkan Antigua and Berbuda. Saya dituntut untuk mengenalkan dan mengutarakan pendapat saya tentang negara tersebut," ujar Cindy (nama panggilannya).

Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Prince Palace Bangkok selama lebih kurang 4 hari. Setelah itu,  para peserta diajak untuk jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Thailand.  Salah satunya adalah tempat yang dinamai "Heaven" oleh masyarakat Thailand. Selain difasilitasi hotel yang mewah peserta Konferensi International itu juga menyediakan transportasi dan hidangan makanan.

"Selain difasilitasi hotel dan transportasi, acara ini juga menghidangkan makanan, bahkan penyediaan makanannya bisa dibilang lebih dari cukup. Karen hampir setiap saat panitia memberi kami makanan dan berbagai macam snack. Bahkan ketika acara puncak, kami sampai disediakan coffee break sebanyak lima kali dalam sehari," ucap Cindy

Mayoritas peserta dari konferensi itu berasal dari negara Indonesia. Hal itu diketahui ketika acara cultural performance. Masing-masing negara menampilkan minat bakat yang menunjukan khas dari negaranya.

"Ketika penampilan Indonesia yang diwakili oleh beberapa orang yang menyanyikan lagu yang lagi hitz yang juga merupakan salah satu soundtrack Asian Games dari Via Vallen "Meraih Bintang" cukup banyak anggota konferensi tersebut yang berasal dari Indonesia mengangkat dan mengibarkan bendera Indonesia," tutur Cindy.

Foto 2 : foto bersama anggota Asia Youth Internatiinal Modal United Nations di Thailand

Cindy yang juga merupakan salah seorang mahasiswi KKN International Vietnam 2018, memilih Thailand sebagai tempat kunjungan konferensi International. Keberangkatan Cindy ke Thailand tak luput dari restu orang tua serta dukungan dari beberapa dosen FIB khususnya Jurusan Sastra Inggris, seperti Marliza Yeni, SS, MA., Edria Sandika, SS, M.Hum., dan Gindho Rizano, SS, M.Hum.

Ketika ditanya mengenai mengapa harus Thailand? Cindy menjawab bahwa sebelumnya dia sudah pernah ke Thailand dan cenderung tahu dengan kondisi daerah dan transportasi yang digunakan di sana. Selain itu, pada keberangkatan sebelumnya Cindy belum sempat mengeksplorasi lebih banyak tentang Thailand, dan dengan mengikuti konferensi itu, dia bisa mewujudkan keinginannya untuk mengeksplorasi lebih negara gajah putih ini.

Akhir kata Cindy mengatakan dalam wawancaranya, “Jangan pernah menyerah, pasti ada jalan bagi semua yang ingin berusaha. Jangan putus semangat, dan terus belajar,” dia memberi motivasi.

Reporter : Defika Irma Suryani dan Irma Suryani, Editor: Ayendi, Admin: Gading Rahmadi

Read 41 times