""

Harry B Kori’un, Alumni FIB Unand Terpilih sebagai Sastrawan Berkarya ke Wilayah 3T

26 April 2019

Foto 1: Harry B Kori’un, alumni Jurusan Sejarah FIB (dulu Fakultas Sastra) Unand

FIB—Harry B Kori’un, alumni Jurusan Sejarah FIB (dulu Fakultas Sastra) Unand terpilih sebagai Sastrawan Berkarya ke Wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) di Indonesia.  Pada 29-30 April 2019, dia akan melakukan pembekalan di Jakarta, dan  pada 1 Mei 2019, dia akan berangkat ke Pulau Sabu di Kabupaten Sabu Raijua, NTT untuk bertugas selama sebulan lamanya di sana.

Terpilih sebagai Sastrawan Berkarya ke Wilayah 3T bukanlah hal yang mudah. Harry B Kori’un mesti memenuhi beberapa syarat, di antaranya telah menerbitkan karya sastra dalam bahasa Indonesia berbentuk buku (bukan antologi bersama) dan telah mempublikasikan karya sastra di media massa cetak dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Foto 2: Surat Pengumuman terpilihnya Harry B Kori’un sebagai salah seorang sastrawan berkarya ke wilayah 3T.

 

Terkait telah menerbitkan karya sastra dalam bahasa Indonesia berbentuk buku (bukan antologi bersama), Harry B Kori’un tidak diragukan lagi. Tercatat, sudah tujuh novelnya yang telah dinikmati pembaca. Novel-novel tersebut ialah Nyanyian Batanghari (Novel, Penerbit Akar, Yogyakarta, 2005), Jejak Hujan (Novel, Penerbit Grasindo, Jakarta, 2005), Malam, Hujan (Novel, Penerbit Gurindam Pres, Pekanbaru, 2007), Mandiangin (Novel, Penerbit Gurindam Pres, Pekanbaru, 2008), Nyanyian Kemarau (Novel, Penerbit Kakilangit Kencana, Jakarta, 2010), dan Luka Tanah (Novel, Penerbit Palagan Pres, Pekanbaru, 2014).

 

Beberapa novel tersebut bahkan mendapatkan penghargaan. Novel Nyanyi Sunyi dari Indragiri meraih penghargaan utama Ganti Award tahun 2006, yaitusebuah lomba menulis novel tingkat Riau yang diadakan oleh Yayasan Bandar Serai.Novel Malam, Hujanmeraih penghargaan nominasi Ganti Award 2007. Adapun Novel Mandianginmeraih penghargaan nominasi Ganti Award 2008.

Karya Harry B Kori’un juga banyak dimuat di beberapa media dan beberapa buku antologi bersama maupun pribadi. Cerpen-cerpennya dimuat di Koran Tempo, Media Indonesia, Jawa Pos, Sinar Harapan, Solo Pos, Mutiara, Suara Merdeka, Riau Pos, Sriwijaya Post, Lampung Post,  Padang Ekspres, Suara Riau, Pekanbaru Pos, Haluan, Singgalang, Tribun Jabar, dan beberapa media lainnya.