Senin, 27 Mei 2019 12:46

Sebagai Penilaian UAS, Mahasiswa Kelas Kajian Drama Sastra Jepang FIB Unand Pentaskan Dua Drama

Foto 1: Pementasan drama oleh mahasiswa Kelas B Mata Kuliah Kajian Drama

FIB-Mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2017 melaksanakan pementasan drama pada Kamis (23/05/2019) bertempat di Ruang Seminar FIB Unand. Adapun penonton pementasan drama itu berasal dari mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2015-2018 beserta dosen Sastra Jepang.Pementasan drama itu merupakan penilaian Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Kajian Drama.

Pementasan drama yang dimulai pada pukul 10.10  WIB tersebut dibuka oleh Aulia Rahman, S.S., M.A., sebagai dosen pengampu Mata Kuliah Kajian Drama. Setelah penyampaian kata sambutan, laluacara dilanjutkan dengan pementasan oleh dua kelompok drama, yaitu pertama oleh Kelas B, dengan judul drama Konya, Romansu Gekijo dedan kelompok drama kedua, yaitu oleh kelas A, dengan judul Kimi no Shinzo o tabetai.

Aulia Rahman menjelaskan bahwa pementasan drama ini dilatarbelakangi oleh permintaan jurusan agar ada penampilan drama sebagai sasaran akhir.Meskipun demikian, pementasan drama itu bukanlah pementasan rutin yang diadakan tiap tahun.

“Sebenarnya drama yang dipelajari adalah drama yang bersifat tradisional, namun tidak mungkin dijadikan sebagai tugas akhir karena mahasiswa akan sulit mempersiapkan pakaian dan segala macamnya. Jadi mahasiswa diminta untuk membuat naskah sendiri, drama yang bersifat kontemporer. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk menentukan drama yang dapat diambil dari movie, legenda, ataupun anime.Namun plotnya harus diganti dan jika cerita yang diambil menggunakan bahasa Indonesia, maka harus diterjemahkan ke bahasa Jepang. Mahasiswa juga diperbolehkan membuat cerita dengan pemikiran baru dari awal. Namun, mahasiswa sepakat untuk menampilkan drama yang ide ceritanya dari moviedengan plot yang diubah. Setelah itu, naskah tersebut diberikan kepada dosen pengampu mata kuliah kajian drama dan akan dikoreksi,” jelasnya.

Foto 2: Pementasan drama oleh Kelas A.

 

Aulia Rahmanmengungkapkan  penampilan drama tersebut sudah dipersiapkan setelah Ujian Tengah Semester (UTS) dan mahasiswa melakukan latihan rutin lebih kurang selama dua bulan sampai pementasan drama itu diadakan. Yang menentukan jadwal katanya adalah mahasiswa itu sendiri dan sekali latihan untuk dua jam dan dilakukan dua kali dalam seminggu yang berlokasi di tempat-tempat yang cocok untuk latihan drama.Mereka ujarnya juga memberlakukan denda untuk yang tidak datang latihan, dan tetiap setelah latihan, mahasiswa selalu memberikan presensi kepada dosen pengampu.

Pementasan drama yang terbagi atas dua kelompok tersebut tuturnya masing-masing memiliki pimpinan produksi yang akan mengawasi kegiatan latihan dan juga menjadi pemimpin dalam drama. Pimpinan produksi itu sebutnya dipilih melalui kesepakatan dari masing-masing kelas karena dianggap dapat memimpin teman-teman sekelasnya. Adapun untuk penulis naskah, pemeran drama, dan tugas lainnya ucapnya menjadi tanggung jawab mahasiswa untuk membaginya.

"Pementasan drama ini yang terakhir, sebab Mata Kuliah Kajian Drama tidak ada lagi di tahun berikutnya dikarenakan adanya pergantian kurikulum baru bagi mahasiswa tahun berikutnya," kata Aulia Rahmansaat ditemui di RuangDosen Sastra Jepang FIB Unand.

Kemudian Aulia Rahmanmenambahkan tujuan  diadakan pementasan drama itu adalah untuk menambah kemampuan bahasa Jepang mahasiswa, dan memperkuat  kekompakan di kelas, serta melatih kepercayaan diri mahasiswa untuk tampil di depan umum.

"Kan harus menahan ekspresi.Kadang-kadang kan ada penonton yang ketawa tadi, tetapi mereka harus tetap fokus ke penampilan,"tuturnya.

“Harapan dengan diadakannya penampilan drama ini, kemampuan berbahasa Jepang mahasiswa semakin meningkat dan juga memberikan kesan positif bahwa mahasiswa Sastra Jepang juga bisa menampilkan drama,” tambahnya.

Terakhir, menurut Aulia Rahman, pementasan drama Sastra Jepang 2017 itu telah memukau penonton.

Repoter: Nur Fitriyah dan Mayang Dwipuspa Isabela Armanda, Editor: Ayendi, Admin: Tri Eka Wira

Read 71 times