Kamis, 25 Juli 2019 14:17

Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand Gelar Kuliah Umum Bertajuk “Pusat Sejarah TNI”

Foto 1: Foto bersama Kolonel CAJ. Dr. Kusuma, M.Si. (Pembicara) dengan Dosen-Dosen Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand

FIB - Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Pusat Sejarah TNI” pada Jumat, 19 Juli 2019 di Ruang Sidang Dekanat Fakultas Ilmu Budaya Unand. Narasumber pada kuliah umum kali itu adalah Kolonel CAJ. Dr. Kusuma, M. Si., Kepala Pusat Sejarah TNI di Jakarta. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh Dosen-Dosen Ilmu Sejarah Unand, Wakil Dekan I, Mahasiswa Ilmu Sejarah FIB Unand, dan beberapa Mahasiswa STKIP.

Di awal acara, Ketua Jurusan Ilmu Sejarah FIB Unand, Dr. Anatona, M. Hum., menyampaikan sambutannya. Dia berkata bahwa bangsa Indonesia sangat susah untuk mendapatkan negara Indonesia. Oleh karena itu katanya negara ini tidak akan dilepaskan begitu saja dengan kondisi apapun.

“Salah satu benteng negara ini ya kita-kita yang bersejarah. Kita tahu persis bagaimana perjuangan bangsa ini. Untuk itu kita tidak dapat berjalan sendiri-sendiri, Kita perlu kerjasama dengan berbagai lembaga, terutama aparat pemerintahan serta lembaga pertahanan dan keamanan. Itu sangat penting kita laksanakan secara regular,” ujarnya.

Lanjutnya, dia berharap kuliah-kuliah umum seperti itu akan terus berjalan ke depannya, tidak terhenti sampai di situ saja. “Kita harapkan kuliah-kuliah umum ini terus berlanjut dan sedikit banyaknya dapat menambah wawasan kita bersama,” harapnya di akhir kata sambutan.

Foto 2: Kolonel CAJ. Dr. Kusuma, M. Si. sedang menyampaikan materi

Hal itu pun didukung oleh Wakil Dekan I FIB Unand, Dr. Ferdinal, M. A. “Kita berharap kegiatan seperti ini, kuliah umum, yang akan diberikan baik oleh kalangan praktisi ataupun kalangan akademisi dari dalam atau luar negeri, dapat terus dilanjutkan, tidak hanya untuk Jurusan Sejarah tentunya, tetapi semua prodi. Kita selalu mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini dalam rangka meningkatkan dan menambah pengetahuan bagi kita,” ujarnya.

Menurut hematnya kegiatan seperti itu sangat didorong oleh fakultas dan sesuai dengan tugas utama atau tridarma perguruan tinggi.  “Kita sangat mendukung. Pimpinan sangat mendukung dengan adanya kegiatan seperti ini. Jadi dari sisi pendidikan, pengajaran, kemudian penelitian dan pengabdian, ini merupakan tiga hal yang sangat kita dukung,”, tuturnya.