Kamis, 25 Juli 2019 14:19

Dosen Sastra Inggris FIB Unand Laksanakan Kegiatan Pengabdian Mandiri ke Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Naggalo Padang

Foto 1: Dosen pengabdi dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand berada di lokasi Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo Padang di Jalan Sawah Liat Siteba

FIB – Beberapa orang Dosen Jurusan Sastra Inggris FIB Unand melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo, Padang pada Jum’at, 28 Juni 2019 dari pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB.

Pengabdian kepada masyarakat seperti yang dipaparkan oleh Koordinator Kegiatan Pengabdian Jurusan Sastra Inggris FIB Unand, Novalinda, M.Hum., merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap staf pengajar di perguruan tinggi. “Pengabdian masyarakat marupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun,” ungkapnya.

Lalu, terkait dengan lokasi pengabdidian yang dipilih, Novalinda menginformasikan Panti Asuhan Aisyiyah cabang Nanggalo berdiri pada tahun 1968. Dalam kurun waktu 50 tahun itu sudah banyak anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi dibantu oleh donatur melalui Panti Asuhan Aisyiyah untuk bersekolah. “Panti Asuhan Aisyiyah cabang Nanggalo itu khusus untuk perempuan. Terdapat 56 orang yang di tampung di panti asuhan pada saat ini yang terdiri dari 3 orang siswa SD, 15 orang siswa SMP, 18 orang siswa SMA, dan 14 orang mahasiswa. Panti asuhan tersebut mempunyai tujuh orang pengurus yang sekaligus sebagai pengasuh,” dia menginformasikan.

Dosen katanya merupakan akademisi di perguruan tinggi yang mempunyai kewajiban untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan masyarakat luar. Departemen Sosial Republik Indonesia seperti dikutipnya menjelaskan, “Panti asuhan adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak telantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak telantar, memberikan pelayanan pengganti fisik, mental, dan sosial pada anak asuh, sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi perkembangan kepribadiannya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif di dalam bidang pembangunan nasional.”

Memperhatikan hal itu, Dosen Jurusan Sastra Inggris ungkapnya merasa terpanggil untuk memberikan pemahaman kepada 18 orang siswa SMA di Panti Asuhan Aisyiyah cabang Nanggalo yang merupakan calon mahasiswa di perguruan tinggi untuk memberikan pemahaman dan penjelasan tentang metode pembelajaran di perguruan tinggi yang sangat berbeda dengan metode pembelajaran di sekolah-sekolah.

Kegiatan pengabdian yang berbentuk penyuluhan tersebut papar Novalinda terbagi pada beberapa topik, yaitu: Etika Kehidupan Kampus dan Kemahasiswaan disampaikan oleh Dra. Eva Nahma, M.Hum; Pengenalan Program Kewirausahaan di Kampus oleh Drs. Josefino S, M.Si. dan Dhiant Asri, S.S., M.Hum; Beasiswa-beasiswa yang ada di perguruan tinggi oleh Dra. Isramirawati, M.Litt; dan Metode Pembelajaran dan Organisasi Kemahasiswaan oleh Rika Handayani, S.S., M.AAPD., M.Hum.