Pertunjukan Malam Puncak Festival Kebudayaan dan Alek Seni Minangkabau 2019 di FIB Unand

03 Desember 2019

Foto 1: Salah satu pertunjukan seni Minangkabau pada malam puncak Festival Kebudayaan dan Alek Seni Minangkabau

FIB - Jumat (08/11/2019), mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau mengadakan  malam puncak pertunjukan seni Minangkabau di Medan nan Balinduang FIB Unand. Pertunjukan itu merupakan rangkaian terakhir dari Festival Kebudayaan dan Alek Seni Minangkabau yang diselenggarakan dari tanggal 7 hingga 8 November 2019.

Acara itu dibuka dengan sambutan Ikom selaku Ketua Panitia acara. “Malam ini merupakan malam puncak dari Festival Kebudayaan dan Alek Seni Minangkabau yang sudah terselenggara selama dua hari, yaitu hari ini dan kemaren. Rangkaian acara malam ini, yaitu Tari Pasambahan, Sirompak, Arif LIDA, Ragam Andalas, Teatrikal Puisi dari Aliansi Seni se-kota Padang, dan Lukah Gilo.”

Kemudian penyampaian kata sambutan oleh Ketua Jurusan Sastra Minangkabau, Dr. Pramono, S.S., M.Si. “Acara ini merupakan sebuah produk dari Matakuliah Manajemen Seni. Mata kuliah ini sudah ada sejak tahun 2017 dan sampai saat ini. Sayangnya tahun ini merupakan tahun terakhir adanya Matakuliah Manajemen Seni. Nantinya akan diganti dengan Matakuliah Manajemen Seni Pertunjukan yang sesuai dengan kurikulmu baru yang dikeluarkan Jurusan Sastra Minangkabau,” ungkapnya.

Acara pertunjukan diawali dengan Tari Pasambahan, yaitu tari yang biasa dihadirkan untuk menyambut para tetamu. Kemudian Sirompak merupakan tradisi Minangkabau yang menceritakan adanya musuh dalam selimut pada sebuah pertemanan yang sekaligus menceritakan unsur magis.

Lalu dilanjutkan dengan Ragam Andalas, yakni berupa tari kreasi dari daerah Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh. Kemudian kesenian Lukah Gilo dari Sijunjung, yakni kesenian berupa pengendalian hantu pada sebuah boneka mirip jelangkung, yang disebut lukah. Lukah ini dapat menari dan bergerak sendiri setelah diberi mantra.

Akhir dari pertunjukan ini ditutup dengan suara emas Arif LIDA. Hal itu mengingat Arif merupakan kontestan penyanyi berdarah Minang dari ajang Liga Academy Asia yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi di Indonesia.