Jodi Syafda Candra, Mahasiswa Sastra Jepang FIB Unand Terpilih sebagai Best Talent Putra pada Ajang Duta Mahasiswa GenRe 2019

15 Januari 2020

FIB - Jodi Syafda Candra, mahasiswa Sastra Jepang FIB Unand, terpilih menjadi Best Talent Putra pada ajang Duta Mahasiswa GenRe yang diinisiasi oleh UKM Pikmag bekerja sama dengan pihak BKKBN Provinsi Sumatra Barat. Malam puncaknya diadakan di Aula Fakultas Ekonomi Unand, Jati pada Sabtu malam, 7 Desember 2019.

Duta genre adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman-pemahaman tentang usia pendewasaan pernikahan bagi remaja. Akhirnya, remaja diharapkan bisa menjalani pendidikan secara terencana dan juga menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.

Jodi Syafda Candra merupakan salah seorang perwakilan FIB Unand pada ajang pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2019 yang diikuti oleh berbagai jurusan yang ada di Unand. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 2—7 Desember 2019.

Tahap-tahap seleksi yang dilalui, yaitu hari pertama, 2 Desember 2019, pembukaan dan Beauty Class pukul 7.30—18.00 WIB. Hari kedua, tes tertulis mengenai pengetahuan tentang Pikmag, BKKBN, dan juga pengetahuam umum. Kemudian, pemberian materi tentang Pikmag dan GenRe itu sendiri, dan diselingi dengan latihan koreografi. Kemudian malamnya, pengumuman peserta yang masuk sebagai grand finalis.

Hari ketiga, pemberian materi tentang ketakwaan dan juga tentang leadership dan dilanjutkan pada siang hari dengan latihan koreografi hingga pukul 17.00 WIB. Hari keempat, pemberian materi tentang public speaking dan pembentukan generasi emas. Kemudian dilanjutkan dengan latihan koreografi hingga pukul 17.00 WIB.

Hari kelima, tes wawancara tentang semua materi yang telah dipelajari dan juga tes bahasa Inggris. Pada hari kelima, juga terdapat penampilan bakat bagi setiap grand finalis. Setelah itu latihan koreografi dan technical meeting untuk malam grand final. Hari keenam, latihan yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB sebagai persiapan untuk malam grand final.

Diungkapkan Jodi, dia sangat berterima kasih kepada teman-teman Sastra Jepang FIB Unand yang telah mendukungnya dan menyempatkan hadir ketika acara Grand Final pada Sabtu malam tersebut.