10 Mei 2021

FIB – Senin, 10 Mei 2021, Miftahul Risqa Asmi, reporter Humas FIB Unand yang merupakan mahasiswa Sastra Jepang FIB Unand, memenangkan Lomba Menulis Kisah Muslimah yang diadakan oleh LDF Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Aceh dan Juara 3 Lomba Caption Instagram yang diselenggarakan oleh Keputrian FKI Rabbani Unand.

Lomba Menulis Kisah Muslimah ini diikuti oleh peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Dengan judul "Siklus Pendewasaan Menjadi Kupu-Kupu Ada di Ramadhan Ini", kisah yang ditulis oleh Miftahul Risqa Asmi atau biasa dipanggil Ika ini mengalahkan peserta muslimah lainnya.

Kisah ini menceritakan tentang seorang muslimah yang mendapat ujian dari Tuhan di bulan Ramadan. Berbagai pergolakan batin dialami oleh tokoh, seperti rasa sedih dan rasa senang. Sang tokoh dituntut berpikir dewasa untuk memilih hal yang harus diprioritaskan. Proses pendewasaan ini membuat Ramadan tahun ini berbeda dengan Ramadan tahun lalu.

Sementara itu, Lomba Caption Instagram yang diadakan oleh Keputrian FKI Rabbani Unand untuk memperingati hari Kartini juga dimenangkan oleh Ika meskipun hanya juara tiga.

Bertemakan "Emansipasi Wanita dalam Perspektif Islam", Ika membuat postingan dengan judul "Emansipasi: Terlalu Menutup Diri atau Terlanjur Nyaman dalam Golongan yang Melampaui?" yang mengumpamakan seekor kucing hitam dengan induknya.

“Itu Ika ambil dari kisah seekor kucing hitam di dekat rumah, yang memiliki sifat sopan. Rupanya kucing itu diajarkan oleh induknya, yakni selalu marah kepada anaknya kalau mengganggu kucing lain. Kucing hitam ini nggak pernah jahat kepada manusia, walaupun sering diusir bila dia minta makan. Nah, Ika mengaitkannya dengan Kartini milenial di zaman ini. Seekor induk kucing saja eksis menebarkan kebaikan, lantas mengapa wanita-wanita di zaman sekarang ini ada yang masih enggan untuk menyebarkan kebaikan?,” tutur Ika saat diwawancarai via pesan WhatsApp.

Ika ingin mencoba berbagai genre kepenulisan. Baginya, menulis dapat menebar kebaikan. Dengan mengikuti lomba menulis apa pun, ia dapat terus mengasah kemampuan menulisnya. Pun, merasa bertanggung jawab sebagai mahasiswa sastra.

“Tulislah apa saja yang kamu anggap bisa dijadikan inspirasi karena di setiap proses kehidupan kita memiliki makna dan pesan hidup yang tersirat. Dengan menulis, kamu juga bisa dikenal dunia walaupun jasadmu sudah termakan zaman,” pesan Ika.

 

Reporter: Nabilla Hanifah, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

07 Mei 2021

FIB – Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Universitas Andalas bersama Prodi Magister Sastra FIB Unand kembali menggelar Workshop Penulisan Cerpen pada Sabtu, 01 Mei 2021 pukul 09.30 WIB. Workshop ini merupakan lanjutan dari Workshop Penulisan Cerpen pertama yang diadakan pada 24 April lalu. Workshop Penulisan Cerpen ke-2 ini dihadiri oleh 62 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa FIB Unand.

Workshop didahului dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Prodi Magister Sastra FIB Unand, Dr. Khairil Anwar, M.Si. dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FIB Unand, Dr. Anatona, M.Hum. Acara pembukaan Workshop ini dipandu oleh seorang Master of Ceremony, Amelia Fortuna yang merupakan anggota protokol Humas FIB Unand.

Workshop ini dimoderatori langsung oleh Ketua Hiski Komisariat Unand, Diah Tjahaya Iman, M.Litt., Ph.D. Workshop Penulisan Cerpen yang ke-2 ini mengundang Elly Delfia, S.S., M.Hum., dosen Jurusan Sastra Indonesia FIB Unand dan Afri Meldam, S.S., alumni FIB Unand sebagai narasumber. Saat ini, Afri Meldam, S.S. tengah menjalankan tugas menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia bagi penutur asing di Kedutaan Besar Spanyol yang ada di Jakarta, Indonesia.

Dalam workshop kali ini, Elly Delfia, S.S., M.Hum. menyampaikan materi dengan judul “Pengalaman dan Proses Kreatif Menulis Cerpen”. Dia lalu menceritakan pengalamannya dalam menulis.

“Dari kecil saya sudah gemar membaca. Pengalaman saya menulis berawal karena kegemaran saya itu,” ujar Elly Delfia, S.S., M.Hum. selaku narasumber pertama.

Sementara itu, Afri Meldam, S.S. sebagai narasumber kedua menyampaikan materi dengan judul “Khazanah Lokal dalam Cerita Pendek”.

“Menulis dengan memperhatikan isu lokal, bermakna kita menulis dari hal-hal yang dekat dengan kita dan ini trik untuk mempermudah kita dalam menulis,” ujar Afri Meldam, S.S. yang lebih menitikberatkan pada khazanah lokal dalam karyanya.

Terakhir, panitia workshop berharap peserta dapat mengirimkan karya-karya cerpennya untuk diterbitkan.         

 

Reporter: Miftahul Risqa Asmi, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

07 Mei 2021

FIB – Senin, 26 April 2021, Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia FIB Unand angkatan 2020 melakukan kegiatan amal, Bakti Ramadan dengan membagikan pabukoan. Kegiatan yang diperuntukkan bagi kaum duafa dan masyarakat umum ini dilakukan di sekitar Masjid Raya Sumbar, Padang.

Karena adanya pandemi, mahasiswa diharuskan belajar dari rumah. Hal ini membuat mahasiswa tidak saling bertemu dalam dunia nyata. Namun, hal ini tidak menghalangi kebersamaan di antara mahasiswa, begitu pula dengan mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia FIB Unand angkatan 2020.

Meski belum pernah bersua, tidak menghalangi langkah mereka untuk melakukan kegiatan bersama. Adapun bentuk kegiatan yang mereka lakukan ialah bagi-bagi pabukoan yang diperuntukan bagi kaum duafa dan masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 26 April 2021 di sekitar Masjid Raya Sumatra Barat, Padang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini diadakan hanya untuk saling berbagi bersama dan mempererat silaturahmi,” ungkap Edwin, koordinator acara tersebut.

Kegiatan ini memang tidak dihadiri oleh seluruh mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unand angkatan 2020 karena banyak yang tidak berdomisili di Padang. Namun, semuanya tetap memiliki andil. Mahasiswa yang tidak bisa turun ke jalan dapat berkontribusi dengan memberikan dukungan dalam bentuk donasi.

 

Reporter: Anes Yosefania, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

05 Mei 2021

Foto: Uyung Hamdani (tengah) bersama dengan Mita Handayani (kiri) dan narasumber lainnya, Wahyuning Fuji Sevriani (kanan).

FIB - Mita Handayani, reporter Humas FIB Unand yang merupakan mahasiswi Sastra Inggris FIB Universitas Andalas, menjadi salah seorang narasumber dalam acara Bincang-Bincang bersama UH dengan tema “Untuk Apa Mereka Menulis?”. Acara ini diselenggarakan oleh Sumatra Institute pada 22 April 2021 pukul 21.00 WIB.

Dalam acara bincang-bincang ini, Mita berkesempatan untuk menceritakan proses kreatifnya dalam menulis bukunya yang berjudul Memories of Netherlands. Buku ini lahir dari pengalamannya mengunjungi Belanda dalam program pertukaran pelajar (student mobility) yang diadakan oleh Universitas Andalas pada tahun 2019 lalu.

Selama mengikuti student mobility, Mita memilih untuk menulis langsung apa pun yang terjadi sejak ia berangkat ke Belanda sampai menginjakkan kaki di tanah air kembali. Hal ini dilakukannya agar tidak mudah lupa dan juga menjaga agar pengalaman yang ia rasakan tetap hangat.

Seperti nama tema acara ini, Mita menjelaskan alasannya memberanikan diri untuk menulis. Mita mengatakan bahwa ia ingin mengekspresikan kepada orang-orang apa yang ia pikirkan.

“Dalam buku ini Mita ingin mengatakan bahwa mimpi itu bukan milik orang-orang kota saja,” tutur Mita.

Mita juga menyadari fenomena para pemuda Indonesia yang takut untuk bermimpi. Ia berharap melalui bukunya tersebut, ia dapat memotivasi para pemuda agar mulai merangkai mimpi-mimpi dan mewujudkannya.

Memori yang ia tuangkan di dalam buku ini juga merupakan bentuk kepedulian Mita terhadap teman-teman satu fakultasnya. Ia ingin berbagi tentang bagaimana perjalanannya di Belanda. Ia berharap pengalaman-pengalaman menarik yang ia dapatkan tersebut dapat sebagai bahan pembelajaran oleh teman-temannya di kemudian hari.

Selain motivasinya dalam menulis, Mita juga menjelaskan kesulitan yang ia alami dalam proses menulis bukunya tersebut. Latar belakangnya sebagai reporter di Humas FIB Unand, membuatnya harus sedikit keluar dari kebiasaan penulisannya dengan cara membuat tulisan dengan bahasa lebih santai.

Selain itu, ia juga meminta naskahnya untuk dikoreksi oleh senior-seniornya dari Komunitas Lapak Baca sehingga ia bisa mengetahui kelemahannya dan segera memperbaikinya.

Menjelang akhir diskusi, Mita menambahkan bahwa ia juga menulis opini, cerpen, dan esai bahasa. Alasannya menulis berbagai tipe bacaan tersebut ialah untuk mengetahui di mana sebenarnya kekuatannya dalam menulis. Untuk saat ini, ia sedang nyaman menulis esai bahasa.

Acara kemudian diakhiri dengan Uyung Hamdani selaku moderator acara Bincang-Bincang bersama UH memberikan sertifikat kepada masing-masing narasumber sebagai bentuk apresiasi terhadap karya mereka.

 

Reporter: Fithryah Amirah Karini, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

04 Mei 2021

FIB –Vini Vionita, mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau angkatan 2017 FIB Unand terpilih menjadi Putri Pariwisata Sumatra Barat tahun 2021. Acara pemilihan Putra Putri Sumatra Barat tersebut diselenggarakan oleh UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi Sumatra Barat pada 20 Oktober 2020 di Gedung Kebudayaan Sumatra Barat.

Pemilihan Putra Putri Sumatra Barat tahun 2021 ini memiliki beberapa tahapan seleksi. Tahapan pertama, pendaftaran dan seleksi berkas. Peserta yang lulus seleksi berkas akan masuk pada tahap interviu dengan empat orang juri. Pada tahap interviu, terpilihlah 18 pasang putra dan putri terbaik dari masing-masing kabupaten/kota.

Setelah itu, 18 pasang peserta tersebut akan dikarantina guna pembekalan selama dua hari. Para peserta ini lalu disaring sehingga tersisa 12 pasang yang disebut dengan Top 12. Para peserta ini terus disaring hingga menjadi Top 6, lalu Top 3. Tiga pasang peserta yang tersisa kembali bersaing untuk mendapatkan gelar juara. Akhirnya, Vini Vionita terpilih sebagai Putri Pariwisata Sumatra Barat tahun 2021.

Dalam proses meraih gelar tersebut, tidak sedikit orang-orang yang menghina dan menjatuhkan Vini. Namun, Vini meyakini bahwa dengan kemampuan yang diiringi dengan usaha dan doa, akan mampu memberikan yang terbaik. Terbukti, Vini berhasil meraih gelar sebagai Putri Pariwisata Sumatra Barat tahun 2021.

Vini mengikuti ajang Putra Putri Pariwisata Sumbar karena hal itu merupakan salah satu impiannya. Vini ingin menjadi role model untuk masyarakat banyak, terutama dalam bidang wisata.

“Saya berharap mampu membawa perubahan di bidang pariwisata khususnya, dan mampu membawa harum nama Sumbar. Selama menjadi putri wisata Sumbar, (1) saya akan berfokus pada keadaan pengembangan pariwisata Sumbar, baik dalam segi promosi dan lainnya; (2) membantu pemerintah menuju wisata halal untuk Sumatra Barat, baik dalam segi promosi atau menjelaskan kepada masyarakat; (3) mengangkat kembali wisata sejarah, terkhusus di Sumatra Barat untuk dikenal oleh khalayak agar Sumbar tidak sekadar dikenal melalui wisata budaya, alam, dan kulinernya saja, tetapi juga wisata sejarahnya,” terang Vini.

Selain menjelaskan hal-hal yang akan dilakukannya selama menjadi Putri Pariwisata Sumbar, Vini juga memberikan motivasi dan pesan kepada mahasiswa lainnya.

“Gali potensi diri sendiri. Jangan cepat putus asa karena mendengar omongan orang yang ingin menjatuhkan kita. Selalu support apa pun itu, baik akademik maupun non akademik,” tutur Vini.

 

Reporter: Ummul Hafizhah dan Nabilla Hanifah, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

pornstar xxx tube xxxsextresxxx.click
Huge Tittyfucking Creampie
moviesporno.biz double anal sex
porn video categories
adult porn videos
asian porn movies
briggi adventure in morocco Fucked In My Maid Outfit
xxx porn tube
hot porn tube
xxxteenhub.info
sextresss.xyz free porn video xvideosporn.club xssn.net hdxxxporn.club asianpornxxx.info
hotporntub.info freeporntix.info hubpornindian.info hotmomsteen.xyz nesaporns.xyz
xhaloporn.com xpornfly.com sexporndays.com
realpornfilms.com
sexmaxfree.xyz duvporno.org
toutpornxxx.org adultpornmovie.ws
hpornvideo.com xpornrelax.com
freexxxvideosporn.com
sexporntubexxx.net akü takviye yol yardım
sexporntubexxx.click
xxxmobilporn
xxxsextresxxx
http://nesaporns.xyz
freepornvideosite

tweensexxx

freexxxvideosporn
telexxxporn.click

bozpornxxx.click

pornvixxx.click

telexxxporn.com
bozpornxxx.com
pornvixxx.com
pornags.com pornkro.com pornaph.com hotwatchporn.com pornaindian.com
realpornhero.com pornindianx.net repornx.com watchporntubex.com fuckpornwatch.com enwatchporn.com