25 Oktober 2021

Sebagai core-business perguruan tinggi, bidang akademik memiliki peran yang sangat penting. Di bidang akademik ini terkait urusan yang berhubungan tidak hanya dengan kegiatan belajar mengajar, tetapi juga pihak-pihak yang terkait dengan mereka, seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana yang mendukung berjalannya program ini. Agar program berjalan dengan baik dan lancar, diperlukan tim yang memahami sistem dan pola kerja terkait bidang akademik. Untuk itulah, pada Hari Jumat, 22 Oktober 2021, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas mengadakan pertemuan dengan tim penyangga roda kegiatan akademik di FIB Unand.

Pertemuan yang dihadiri oleh sebelas (11) orang anggota tim bidang akademik ini dipimpin langsung oleh Dr. Ike Revita, M.Hum. sebagai Wakil Dekan 1 FIB Unand dan didampingi Sub koordinator Bidang Akademik, Dafruddin, S.T. Dalam sambutannya, Dr. Ike Revita menyampaikan bahwa bidang akademik tidak akan dapat berjalan dengan baik jika kesemua supporting staff tidak saling mendukung dalam  melakukan pekerjaan. Untuk itu, WD 1 FIB  ini menambahkan, semua anggota tim harus saling bergandeng tangan, memulai pekerjaan dengan niat ibadah, dan selalu berpikir positif dalam melakukan pekerjaan.  ‘Dengan demikian, kita bisa enjoy dan selalu gembira melakukan tugas masing-masing’, tukuk Ike Revita.  

Sub koordinator Bidang Akademik, Dafruddin, S.T. menyebutkan bahwa ada 14 orang yang tergabung di bidang akademik FIB Unand dengan posisi yang tersebar di jurusan, prodi, serta dekanat/fakultas.  Masing-masing anggota tim ini memiliki tugas pokok dan fungsi yang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab masing-masing untuk dijalankan.

Dalam pertemuan yang dibalut oleh silaturahmi ini, setiap anggota tim dimintai pendapat dan berbagi pengalaman selama menjalani tupoksi ini. Selain itu, muncul juga masukan positif yang disampaikan tenaga kependidikan untuk perubahan yang lebih baik bagi FIB Unand.

Di akhir pertemuan, Wakil Dekan 1 FIB menegaskan  bahwa pertemuan rutin akan dilakukan secara regular, paling kurang sekali 3 bulan untuk melakukan semacam monitoring dan evaluasi terhadap kinerja masing-masing anggota tim.

22 Oktober 2021

 

Pada hari Rabu, 20 Oktober 2021 telah berlangsung acara kuliah umum berjudul ‘Traditional Polish Folk Culture’. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas bekerjasama dengan Nicolaus Copernicus University, Torun, Polandia, dan dihadiri lebih dari 160 mahasiswa dan dosen di FIB Unand tersebut. Acara ini menghadirkan Dr Joanna Książek sebagai narasumber dan  Diah Tyahaya Iman, M.Litt, Ph.D sebagai moderator. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Ike Revita, M.Hum.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 menyebutkan bahwa budaya dapat menjadi cermin peradaban sekelompok masyarakat. Dengan demikian memahami budaya sebuah masyarakat secara tidak langsung memahami bagaiamana masyarakat pemilik budaya itu. Acara kuliah umum yang berlangsung dalam format daring dengan menggunakan fasilitas MS Teams dimulai pada pukul 15:00 WIB dan berlangsung selama lebih kurang dua jam.

Kuliah umum ini disampaikan oleh dosen dari Departemen Etnologi dan Antropologi Budaya, Institute of Cultural Studies, Faculty of Humaniora, Nicolaus Copernicus University, Torun, Polandia. Dalan kuliahnya, Dr Joanna Książek menyampaikan bahwa budaya Rakyat Polandia dipengaruhi oleh Bizantium, Ottoman dan Slavia. Polandia terletak di Eropa Tengah. Tradisi Polandia sepanjang tahun penuh dengan ritual, festival, perayaan liburan Paskah dan Natal. Rumah-rumah tradisional Polandia muncul dengan udara leluhur yang mencerminkan bentuk sederhana gairah orang Polandia untuk kayu. Mereka menghidupkan ornamen kayu berukir yang indah dan fondasi batu. Kostum tradisional mencerminkan daerah, seperti kostum wanita termasuk blus putih, rompi yang disulam dan manik-manik. Dahulu kalung amber dikenakan oleh beberapa wanita dari beberapa daerah. Para pria mengenakan rompi biru dengan bordir dan, celana panjang bergaris, topi krakuska berhias pita dan bulu merak serta cincin logam yang melekat pada ikat pinggang. Warna dominan merah, biru, hijau, hitam dan coklat.

Acara kuliah umum berlangsung dalam dua sesi, yakni sesi presentasi oleh narasumber yang dilanjutkan oleh sesi tanya-jawab yang melibatkan dosen dan mahasiswa-mahasiswi yang mengajukan berbagai pertanyaan terkait Folk Culture dari Polandia tersebut. Acara berlangsung dengan lancar. Peserta sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya keingintahuan peserta lewat pertanyaan yang  dilontarkan. ‘Semoga acara serupa bisa lebih sering diadakan, baik di tingkat fakultas, mau pun jurusan atau program studi’, harap seorang peserta.

(Edria)

21 Oktober 2021

 

Menghadapi perkuliahan di masa pandemi yang sudah memasuki hamper dua tahun, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas menyelenggarakan Kuliah Umum dengan temal ‘Kesehatan Mental Menghadapi Perkuliahan Masa Pandemi’. Kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 Oktober 2021 diikuti oleh segenap sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa-mahasiswi dari berbagai angkatan yang tersebar di dalam dan luar Universitas Andalas. Acara ini menghadirkan Dwi Puspasari, M.Psi, Psikolog sebagai narasumber, Seswita, M.Hum sebagai moderator. Dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Dekan I ,Dr. Ike Revita, M.Hum, acara kuliah umum yang berlangsung dalam format daring dengan menggunakan fasilitas Zoom ini dimulai pada pukul 14:00 WIB dan berlangsung selama lebih kurang dua jam.

‘Mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan terkait kesehatan mental dalam menghadapi perkuliahan di masa pandemi ini’, jelas Wakil Dekan 1 FIB. ‘Sekarang sudah banyak mahasiswa yang merasa stres dan tertekan karena pembelajaran yang dihadapi dilakukan antarlayar’, imbuh Dr. Ike Revita, M.Hum.

Acara kuliah umum berlangsung dalam dua sesi, yakni sesi presentasi oleh narasumber yang dilanjutkan oleh sesi tanya-jawab yang melibatkan dosen dan mahasiswa-mahasiswi yang mengajukan berbagai permasalahan dan isu seputar masalah psikologis mereka terkait kesehatan mental maupun kendala dalam menghadapi perkuliahan di masa pandemi. Ada banyak hal yang disinggung dalam kuliah umum ini seperti mental health, mental disorder, warning sign, dan cara menghadapi kasus-kasus mental yang baik dialami oleh diri sendiri maupun orang lain. Acara berlangsung dengan lancar dan peserta antusias terhadap materi yang disampaikan maupun isu-isu yang mengemuka selama acara berlangsung terkait topik yang dibicarakan oleh narasumber. ‘Dengan adanya kuliah umum ini, kami sebagai mahasiswa dapat melakukan selfhealing berdasarkan paparan yang dijelaskan narasumber’, komentar seorang peserta. Digawangi oleh Ketua Panitia, Edria, S.S., M.Hum. acara ditutup dengan sesi foto dan harapan akan adanya kuliah serupa terkait topik senada.

01 Oktober 2021

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di perguruan tinggi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas telah memprakarsai pelaksanaan “Workshop Penulisan RPS yang Mengimplementasikan Case-Based Method (CBM) dan Project-Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran” hari ini,  30 September 2021 di ruang sidang dekanat FIB. “Workshop Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini merupakan program kegiatan dari bidang 1 FIB yang harus segera  dilaksanakan”, ungkap  Dr. Ike Revita, M.Hum, selaku wakil dekan I FIB.

          Peserta  workshop  merupakan  perwakilan dosen dari setiap program studi yang ditunjuk, dengan harapan perwakilan tersebut bisa menjadi perpanjangan tangan ke tingkat prodi ke depannya. Keterbatasan peserta ini dilakukan dengan pertimbangan prokotol kesehatan terkait pandemi covid-19. Terkait waktu pelaksanaan, kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Acara dibuka oleh Wakil Dekan 1, Dr. Ike Revita, M.Hum. Kemudian, dilanjutkan  dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Drs.Riwayadi, M.B.A.,Ak.,CA.,CSRA.,CMA. Pada akhir acara, peserta diminta mengerjakan contoh  Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang menerapkan  Case Based Method dan Project- Based Learning. Contoh tersebut akan dibawah secara bersama-sama oleh peserta untuk  workshop lanjutan yang direncakan pelaksanaan pada awal bulan November mendatang. (al.sasindo)

01 Oktober 2021

FIB – Pramono, M.Si., Ph.D., dosen Sastra Minangkabau FIB Unand menjadi salah seorang narasumber dalam Webinar Naskah, Industri Kreatif, & Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin, 16 Agustus 2021 pukul 13.15 WIB. Pada acara ini para narasumber diminta untuk membagikan pengalamannya terkait dengan naskah industri kreatif dan hak kekayaan intelektual.

Pramono, M.Si., Ph.D. dalam acara ini memberikan presentasinya yang ia beri judul “Satu Pengalaman tentang “Hilirisasi Riset” Naskah”. Seperti judulnya, presentasinya ini membahas pengalaman Pramono, M.Si., Ph.D. tentang pemanfaatan bahan-bahan mentah (dalam hal ini ialah iluminasi naskah Minangkabau) menjadi produk-produk lanjutan yang mempunyai nilai tambah yang tinggi (desain motif batik). Tidak seperti hilirisasi pada umumnya yang cenderung berkaitan dengan hal yang berbau industri dan ekonomi, pengalaman hilirisasi Pramono, M.Si., Ph.D. lebih mengarah kepada kebudayaan.

Pengalamannya ini bermula pada tahun 2014 ketika ia diminta untuk mempresentasikan rencana pelestarian dan pengembangan manuskrip atau naskah Tuanku Imam Bonjol. Sejak saat itu, Pramono, M.Si., Ph.D. mulai mencoba mengembangkan salah satu bagian dari naskah-naskah Minangkabau yang bisa dihasilkan untuk kepentingan pragmatis. Bagian yang dimaksud ini ialah iluminasi atau ragam hias yang terdapat di dalam manuskrip untuk kemudian dijadikan desain motif batik.

Kegiatan ini turut mendorong beberapa kabupaten di Sumatra Barat untuk mulai memproduksi desain motif batik dari pengembangan iluminasi naskah-naskah yang ada di masing-masing kabupaten. Desain motif batik ini selanjutnya digunakan sebagai oleh-oleh khas wisata masing-masing daerah. Selain itu, saat ini sudah ada imbauan dari gubernur Sumatra Barat, yakni masing-masing kabupaten diminta untuk menggunakan batik khas sendiri, mulai dari tingkat pendidikan, seperti SD dan SMP hingga kepegawaian seperti ASN.

Adapun beberapa kabupaten/kota yang mulai memproduksi desain motif batik ialah Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Pada tahun 2020, Pramono, M.Si., Ph.D. dan timnya mulai gencar memperkenalkan desain motif batik dari pengembangan iluminasi naskah Minangkabau ke beberapa UKM yang bergerak di bidang fashion di Sumatra Barat. Para penggerak UKM ini sangat bersyukur diperkenalkan dengan berbagai desain motif batik baru. Selama ini, mereka hanya terpaku pada desain yang ada di Rumah Gadang saja sehingga dengan diperkenalkannya ragam desain motif batik yang baru ini, mereka mendapat tambahan inspirasi dan menjadi lebih leluasa dalam hal mengembangkan produk-produk kerajinan mereka.

Sejauh ini, sejak tahun 2017 hingga 2021, ada 120 hak cipta desain motif batik dari pengembangan khazanah iluminasi naskah Minangkabau yang telah didaftarkan dan didapatkan sertifikatnya dari Kemenkumham. Kegiatan yang digeluti oleh Pramono, M.Si., Ph.D. ini turut mengantarkannya pada penghargaan dari Universitas Andalas sebagai dosen dengan hak cipta terbanyak pada dua tahun yang lalu.

Adapun alasan Pramono, M.Si. Ph.D. mendaftarkan hak cipta foto iluminasi naskah Minangkabau karena ia mendapati bahwa iluminasi naskah Minangkabau ini bisa saja memudar seiring berjalannya waktu. Selain itu, dengan didaftarkannya hak cipta foto iluminasi naskah Minangkabau ini, nantinya bisa dijadikan sebagai dokumen, baik untuk kepentingan riset maupun kepentingan praktis lainnya.

“Pengkaji naskah itu bisa memberikan sumbangan berarti bagi instansi, terutama perguruan tinggi dan lembaga riset untuk meningkatkan kinerja di bidang penelitiannya. Salah satunya yang paling penting adalah dokumen hak cipta karena dapat menyumbang untuk penilaian kinerja penelitian di perguruan tinggi dan lembaga riset lainnya,” tambah Pramono, M.Si., Ph.D. dalam presentasinya.

 

Reporter: Fithryah Amirah Karini, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

01 Oktober 2021

 

FIB – Suciati Agustin, Mahasiswi Sastra Inggris angkatan 2017 dinobatkan sebagai lulusan terbaik fakultas pada wisuda periode III FIB Unand yang diselenggarakan pada 14 Agustus 2021 melalui aplikasi zoom.

Suciati lulus dengan IPK 3,93 dengan masa perkuliahan empat tahun. Di balik keberhasilan dan hasil luar biasa tersebut, ia harus menghadapi beberapa kesulitan. Sebab, tidak ada proses yang tidak akan menemui rintangan.

Ia menjelaskan bahwa di awal perkuliahan ia sempat mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran sastra, linguistik, dan beberapa mata kuliah laninnya karena dahulu ia dengan Jurusan Kehutanan sehingga hanya berkutat dengan ilmu pasti. Hal ini membuatnya sulit untuk mengerjakan tugas, terutama yang berkaitan dengan analisis terhadap karya sastra dan kajian humaniora. Kesulitan itu akhirnya sirna ketika mendapat uluran tangan dari para dosen dan teman-teman.

Suciati memiliki sederet prestasi yang membanggakan selama masa perkuliahannya, di antaranya menjadi Terbaik 1 Mahasiswa Berprestasi FIB Unand 2020, Juara 1 Projek Sosial oleh IYOIN Chapter Padang, Nominator Best Student Andalas Global Award 2019, Juara 1 Lomba Debat Nasional di Universitas Raja Ali Haji, Tanjung Pinang 2019, Juara 2 Lomba Debat Nasional Fastweek 2019, Harapan 1 Lomba Debat Nasional Sayebina UIN Suska Riau 2019, Juara 2 Lomba Debat Nasional Pekan Politik V 2018, Finalis Lomba Debat Nasional UIN Alauddin Makassar 2018, dan mahasiswa Berprestasi Bidang Bakat Minat dan Penelitian Ilmiah, Penghargaan Rektor Unand dalam rangka Bakti Unand 2018

Suciati menuturkan bahwa ia merasa senang dan haru karena tidak menyangka akan mendapatkan predikat kelulusan terbaik fakultas. Saat disinggung mengenai tips agar mendapatkan predikat kelulusan terbaik fakultas, ia menjawab, “Tipsnya adalah ikuti proses pembelajaran dengan antusias dan ikhlas. Dengan begitu, prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.”

Berdasarkan pengalamannya, Suciati memiliki pesan untuk mahasiswa yang saat ini sedang menjalani masa perkuliahan. Ia mengatakan bahwa mengikuti proses perkuliahan haruslah disertai dengan perasaan senang, penuh semangat, dan ikhlas sehingga materi yang didapatkan bermanfaat.

Ia juga mengingatkan untuk dapat membangun relasi akademik yang baik dengan para dosen. Lalu, temukan hal yang membuat diri antusias terkait kajian salah satu mata kuliah. Ini seperti menemukan kemampuan atau kegemaran dari materi atau pembelajaran yang disajikan di salah satu mata kuliah. Gali mata kuliah yang digemari itu dan perdalam ilmu dengan berdiskusi bersama dosen. Ia juga menyebutkan pentingnya menempatkan diri dalam lingkungan pertemanan yang sehat, produktif, dan suportif.

“Saya pernah membaca sebuah tulisan yang intinya adalah“You are the combination of five people you meet the most” (kamu adalah kombinasi dari ilmu orang yang paling sering kamu temui setiap hari). Oleh karena itu, faktor lingkungan sangatlah penting. Tentunya kita harus baik dan berteman dengan setiap orang, tetapi kita perlu bijak untuk menentukan lingkaran terdekat kita,” tuturnya di akhir wawancara.

 

Reporter: Fiora Trisyawalika Agvieni, Editor: Lusi Andriani, Admin: Tri Eka Wira

pornstar xxx tube
Huge Tittyfucking Creampie
moviesporno.biz double anal sex
porn video categories
adult porn videos
asian porn movies
briggi adventure in morocco Fucked In My Maid Outfit
xxx porn tube
hot porn tube
xxxteenhub.info
sextresss.xyz free porn video xvideosporn.club xssn.net hdxxxporn.club asianpornxxx.info
hotporntub.info freeporntix.info hubpornindian.info hotmomsteen.xyz nesaporns.xyz
xhaloporn.com xpornfly.com sexporndays.com
realpornfilms.com
sexmaxfree.xyz duvporno.org
toutpornxxx.org adultpornmovie.ws
hpornvideo.com xpornrelax.com
pornshares.co
xxxmobilporn.mobi
freepornvideosite.info sexporntubexxx.org freexxxvideosporn.net akü takviye yol yardım
http://nesaporns.xyz
pornags.com pornkro.com pornaph.com hotwatchporn.com pornaindian.com
realpornhero.com pornindianx.net repornx.com watchporntubex.com fuckpornwatch.com enwatchporn.com
adult porn movie
indian porn
xvideos
xhamster
the best porno site
xnxx
chudai indian sex
xxx bf video
free xxx videos porn
xvideos
chudai porn

free xxx watch

xxx bf video

xxx porn

xxx sex
xnxx.com
xhamster

pornhub

porn watch
xvideos.com
chudai indian sex
xhamster

xnxx

xvideos

xxx xnxx

sunny leone hottest sex videos xvideos

animal sex xxx porn tube
xvideos xvideos2.com