""
Items filtered by date: Kamis, 25 November 2021
25 November 2021 In Berita & Peristiwa

FIB - Jumat (19/11/21) pagi menjelang siang kemarin telah dilaksanakannya rapat sederhana bersama pimpinan Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Bapak. Prof. Dr. Herwandi., M.Hum. yang membahas mengenai perencanaan pendirian program studi baru yaitu sastra Korea. Rapat dihadiri juga oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya, Ibu Dr. Ike Revita., M.Hum. bersama Pak Alex Darmawan, SS., MA. sebagai Ketua Tim Pelaksana, Bapak. Aulia Rahman,S.S., M.Hum. selaku sekretaris, Bapak. Juprianto, Ph.D, Ibu Rizky Amelya Furqan, SS., MA., Ibu Eka Megalia, S.S., M.Hum. serta Ibu Selfi Mahat, S.S., M.A.

Rapat ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB di lantai 2 Fakultas Ilmu Budaya yang membahas bagaimana persiapan fakultas dalam perencanaannya mendirikan program studi baru, sastra Korea. Pak Herwandi menjelaskan bahwa pendirian sastra Korea ini sudah direncanakan sejak lama mengingat kerja sama antara universitas dengan mahasiswa Korea dalam program student exchange sudah berjalan sekitar kurang lebih 10 atau 15 tahun yang lalu. “Sejak tahun 2009 hingga beberapa tahun ke depan pada waktu itu ada sekitar 30-40 orang untuk belajar dan berdiskusi dalam program student exchange. Dosen kita juga sudah ada 11 orang yang belajar ke Korea. Setidaknya ada 2 hingga 3 orang tiap tahun itu untuk belajar ke Korea,” sambungnya.

Hingga rapat hari kemarin terhitung sudah dilakukan sebanyak tiga kali di Jumat ini. Dalam hasil diskusi tersebut ditetapkan progres yang harus dilakukan ke depannya. Mulai dari menyiapkan bahan presentasi unutk menentukan kekuatan dan tantangan yang akan fakultas hadapi hingga rencana untuk melakukan audiensi dengan Wakil Rektor 4 terkait perencanaan ini.

Adapun alasan fakultas memilih sastra Korea sepeti yang disampaikan Bpk. Alex Darmawan, SS., MA. dalam silandianya bahwa generasi muda sekarang yang memiliki keterkaitan yang masif terhadap budaya Korea, mereka juga sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Korea, seperti K-Pop, makanan, budaya, film, dan lainnya (Korean waves). kemudian terbukanya beasiswa yang sangat banyak dan beragam yang disediakan Korea untuk mahasiswa Indonesia. Selain itu yang paling penting adalah dalam bidang  job opportunity, di mana beliau menjelaskan bahwa Korea yang sudah banyak mendirikan perusahaan di Indonesia, sehingga membuka peluang kerja bagi mahasiswa lulusan sastra Korea.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya juga menambahkan jika sastra Korea ini berdiri di fakultas maka hal itu akan menambah pemasukkan untuk fakultas, tidak hanya ada mahasiswa yang bertambah sekian banyak, namun juga ada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hal itu. Selain dari itu, dengan adanya sastra Korea ini bisa menjadi suatu pengisian secara keilmuan di Fakultas Ilmu Budaya. Beliau juga memberikan pandangan bahwa akan ada suatu kemajuan dari yang dilakukan orang-orang Korea yang bisa bagi masyarakat Indonesia ambil, baik dalam culture, ekonomi, sosial-ekonomi, dan sebagainya.

Dalam merumuskan program studi baru ini, seperti yang disampaikan Wakil Dekan I Ibu Dr. Ike Revita, M.Hum. status Unand yang sudah PTNBH sekarang ini membuka kesempatan untuk mempermudah mendirikan prodi baru dengan beberapa persyaratan, salah satunya adalah rekomendasi atau permintaan langsung dari Universitas Andalas serta pasar yang juga membutuhkan, “Pendirian sastra Korea ini akan banyak memenuhi permintaan pasar karena banyaknya perusahaan-perusahaan Korea yang sudah pasti membutuhkan alumni-alumni lulusan Sastra Korea. Dengan adanya PTN-BH, pendirian prodi itu tidak harus dibawa ke DIKTI tapi bisa diselesaikan langsung di Unand,” ujar Bu Ike.

Diketahui Unand juga akan melakukan benchmarking atau studi banding kurikulum sastra Korea ini dengan UGM, mengingat UGM merupakan salah satu inisiator dalam membuka Program Studi Sastra Korea di Indonesia bersama dengan empat kampus lainnya, yaitu UI, UPI Bandung, Undip, dan Unhas. “Kurikulum kita ini sudah melakukan benchmarking tapi belum komprehensif. Kita sudah melakukan diskusi dengan program S-1 sastra Korea UGM, sejauh ini mereka bersedia membantu kita menyusun kurikulum,” sambungnya.

Terakhir, Pak Herwandi selaku Dekan FIB mengutarakan harapannya yang besar dengan rencana didirikannya Sastra Korea ini. Beliau berharap prodi ini akan menjadi prodi unggulan di universitas yang bisa membawa dampak baik bagi Unand dan pribadi mahasiswaya sendiri menghadapi dunia kerja. “Harapan saya tentu menjadi program studi unggulan di fakultas dan universitas ini, menjadi penampung anak muda yang memiliki passion dan keinginan untuk melanjutkan pendidikannya dengan mendalami tentang Korea, menciptakan insan-insan yang memiliki pemahaman tentang Korea sekaligus dunia internasional secara umum agar mereka bisa bersaing dengan pekerja-pekerja lain di tingkat internasional, karena kita tahu perusahaan-perusahaan Korea dimana-mana ada saat ini,” tutupnya.

Reporter: Nadiati Husna

 

 

25 November 2021 In Berita & Peristiwa

Dokumentasi acara bedah buku novel sejarah Semerah Darah

FIB – Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HisKi) Komisariat Universitas Andalas bekerja sama dengan Prodi Sastra Inggris FIB Unand mengadakan acara webinar pada Sabtu, 13 November 2021 via Zoom.  Webinar kali ini membedah buku novel sejarah berjudul Semerah Darah karya seorang alumni Sastra Inggris FIB Unand, yaitu Kusuma Widjayanti. Acara bedah buku ini menghadirkan dua orang pembedah yaitu Dr. Sulastri, M.Hum. yang dikenal sebagai dosen Sastra Indonesia FIB Unand dan Donny Syofyan, S.S., M.HRM., M.A. yang merupakan dosen Sastra Inggris FIB Unand. Novel yang mengambil setting pada waktu tragedi di Madiun 1948 ini sengaja diadakan pada bulan November yang mana berkaitan erat dengan sejarah kepahlawanan. Acara bedah buku ini dimoderatori oleh Edria Sandika, S.S., M.Hum. dan dibuka oleh Dr. Ike Revita, M.Hum., Wakil Dekan I FIB Unand.

Zulprianto, S.S., M.A., Ph.D. selaku ketua pelaksana acara bedah buku ini juga berkesempatan untuk menyampaikan kata sambutannya.

“Sebuah novel bisa saja fiktif tetapi dapat mengandung realitas yang potensial sehingga menarik minat membaca. Bagaimanapun, kita sebagai orang yang terlibat dengan bahasa paham betul bahwa teks dan konteks memiliki hubungan yang saling merealisasikan. Ketika kita membaca sebuah teks kita tidak bisa menghindari untuk tidak membayangkan konteksnya,” ungkap Zulprianto, S.S., M.A., Ph.D. dalam kata sambutannya.

Dr. Sulastri, M.Hum. yang merupakan pembedah pertama buku ini mempresentasikan hasil bedahnya yang dirangkum di dalam power point-nya yang berjudul “Semerah Darah: Pencarian Posisi Seimbang oleh Penulis Perempuan dalam Novel Sejarah”. Dalam bedahnya, ia menyoroti kalimat yang ditemui di dalam buku tersebut yaitu, “Sejarah ditorehkan oleh mereka yang berani menulis”. Menurutnya, kata ‘berani’ yang terdapat di kalimat tersebut merupakan sebuah bentuk kesadaran penuh diskursif yang mana menunjukkan bentuk demistifikasi perlawanan.

Selain itu, Dr. Sulastri, M.Hum. juga menilik segelintir tokoh-tokoh perempuan yang direpresentasikan di dalam novel tersebut. Ia mengamati bahwasanya tokoh Mbah Lurah Putri yang dinarasikan sebagai seorang istri dan perempuan tradisional tanpa disadari merupakan pejuang emansipasi wanita. Hal ini dapat dilihat dari karakter Mbah Lurah Putri yang tidak mempedulikan anggapan orang sekitar tentang istri Kadri sebagai istri seorang pemberontak. Mbah Lurah Putri memilih untuk mempekerjakan istri Kadri tersebut sebagai pembantunya. Tokoh perempuan lain yang ia soroti adalah Simbok Kromo dimana tokoh yang memiliki kehalusan budi pekerti tersebut juga mampu melawan suatu penindasan.

Di akhir bedahnya, Dr. Sulastri memberikan catatan bahwasanya terdapat beberapa penggunaan bahasa Jawa yang tidak dialihbahasakan di catatan kaki novel sejarah Semerah Darah tersebut.

Adapun Donny Syofyan, S.S., M.HRM., M.A. sebagai pembedah terakhir novel ini mempresentasikan power point-nya yang berjudul “Semerah Darah: Jebakan Fiksi Sejarah”. Di dalam presentasinya tersebut, ia menjelaskan bahwa novel bergenre sejarah memiliki banyak jebakan. Beberapa jebakan dalam novel sejarah di antaranya adalah lemahnya riset, lemah dalam detail, menulis karakter historis berpotensi menulis biografi ketimbang fiksi sejarah, sejarah lebih baik ditunjukkan lewat adegan (scene) bukan ringkasan (summary), dan diharapkan menulis dialog yang akurat dimana penulis memperhatikan penggunaan kosa kata, frasa, idiom atau kalimat yang umum digunakan di waktu peristiwa sejarah yang diangkat di dalam ceritanya.

Sesi bedah buku ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terdapat banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta yang mana menunjukkan bahwa acara bedah buku ini disambut dengan antusiasme yang tinggi. 

Di penghujung acara, Kusuma Widjayanti selaku penulis novel sejarah berjudul Semerah Darah menyampaikan tujuan utamanya dalam menulis novel ini adalah agar dapat diketahui oleh generasi muda sehingga tidak mudah diadu domba, terprovokasi, dan tidak mudah dikacaukan oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan NKRI.

Reporter: Fithryah Amirah Karini

25 November 2021 In Berita & Peristiwa

FIB – Dosen dan Staf Melakukan Pelatihan Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di Fakultas Ilmu Budaya Unand, Bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang,  yang diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 16 November 2021. Penyelenggaraan pelatihan ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, beberapa dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, dan para tenaga pendidik di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas juga ikut serta menghadiri pelatihan ini. Pelatihan ini dilaksanakan bersamaan dengan diadakannya acara “Lokakarya Pengelolaan Warisan Budaya Sebagai Inspirasi Penyusunan Proposal PKM” di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas sehingga ada beberapa dosen yang berhalangan hadir dalam pelatihan APAR ini dikarenakan bertugas dalam acara lokakarya tersebut.

Pelatihan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini diawali oleh kata sambutan dari Ibu Lady Diana Yusri selaku Wakil Dekan 2 dan dibuka secara resmi oleh Ibu Ike Revita selaku Wakil Dekan 1. Pelatihan ini dilaksanakan secara langsung di lapangan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dengan metode praktik. Pak Ilham, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang mensosialisasikan terlebih dahulu tahap-tahap penggunaan APAR ini. Setelah Pak Ilham mensosialisasikan mengenai alat-alat pemadam api beserta cara penggunaannya, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang mempersilakan kepada seluruh warga Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas yang telah menghadiri pelatihan ini untuk mempraktikannya secara bergantian. Praktik penggunaan APAR ini didahului oleh Ibu Lady Diana Yusri, kemudian diikuti oleh dosen dan para tenaga pendidik lainnya.

            Pak Ilham menjelaskan bahwa jenis-jenis APAR ada empat, yaitu foam (busa), powder (serbuk), liquid (cairan), dan carbon. Jenis APAR yang digunakan untuk praktik memadamkan api ringan dalam pelatihan ini adalah berbentuk powder atau serbuk. Powder atau serbuk ini dapat digunakan untuk memadamkan api jika benda yang terbakar terbuat dari bahan logam, tekstil, minyak, dan berbentuk listrik. “Tujuannya kita melakukan praktik atau simulasi penggunaan APAR ini di lingkungan fakultas atau kampus adalah untuk mensosialisasikan cara penggunaan pemakaian, sehingga apabila terjadi bencana kebakaran umumnya mahasiswa dan para dosen mengetahui tentang cara pemadaman dan penggunaan alat-alatnya,” jelas Pak Ilham. Pak Ilham juga menambahkan penjelasan tentang perbedaan menggunakan alat-alat pemadam kebakaran ketika api masih kecil dan ketika api sudah besar.

“Jenis api yang besar dan kecil, berbeda cara penanganannya. Kami dari Dinas Pemadam Kebakaran melakukan simulasi pemadam kebakaran pertahun, diawali dengan standar api kelas kecil atau kelas 1, kemudian naik lagi ke kelas yang lebih tinggi dan berakhir pada kelas 4 atau api kelas besar,” tambah Pak Ilham.

 

Reporter : Miftahul Risqa Asmi dan Muhammad Fiqri Ichsan

pornstar xxx tube
Huge Tittyfucking Creampie
moviesporno.biz double anal sex
porn video categories
adult porn videos
asian porn movies
briggi adventure in morocco Fucked In My Maid Outfit
xxx porn tube
hot porn tube
xxxteenhub.info
sextresss.xyz free porn video xvideosporn.club xssn.net hdxxxporn.club asianpornxxx.info
hotporntub.info freeporntix.info hubpornindian.info hotmomsteen.xyz nesaporns.xyz
xhaloporn.com xpornfly.com sexporndays.com
realpornfilms.com
sexmaxfree.xyz duvporno.org
toutpornxxx.org adultpornmovie.ws
hpornvideo.com xpornrelax.com
pornshares.co
xxxmobilporn.mobi
freepornvideosite.info sexporntubexxx.org freexxxvideosporn.net akü takviye yol yardım
http://nesaporns.xyz
pornags.com pornkro.com pornaph.com hotwatchporn.com pornaindian.com
realpornhero.com pornindianx.net repornx.com watchporntubex.com fuckpornwatch.com enwatchporn.com
adult porn movie
indian porn
xvideos
xhamster
the best porno site
xnxx
chudai indian sex
xxx bf video
free xxx videos porn
xvideos
chudai porn

free xxx watch

xxx bf video

xxx porn

xxx sex
xnxx.com
xhamster

pornhub

porn watch
xvideos.com
chudai indian sex
xhamster

xnxx

xvideos

xxx xnxx

sunny leone hottest sex videos xvideos

animal sex xxx porn tube
xvideos xvideos2.com